Senin, 06 Mei 2013

AKU BANGGA BERAYAHKAN DIA


( Tentang Ayahku Tercinta )

Dari kesembilan bersaudara dialah kedelapan .
Dimasa itu sesuap nasi pun amat susah untk di dapat .
Hngga kelahiran dia yg dng kekurangan fisik membuat orang tuanya wegah dlm berpikir yg ada dlm otak mereka mungkin dia akan amat menyusahkan mereka .
Lahirlah seorang anak laki2 dng cacat fisik tnpa kaki kanan dan orang tuanya brniat untk membuangnya karna ketidak mampuan mereka dlm harta .
Namun anak mereka yg paling besar laki2 melaranya dan berkata " jika kalian tak mau membesarkan dia , aku sanggup dia adalah adiku sndiri " kata seorang kakak .
Hari2 dmi hari di lwati dan sang bayi pun tumbuh dlm asuhan sang kakak yg amat menyayanginya hngga dia rela tak makan dlm sehari untk memenuhi perut adik2nya .
Pada suatu hari ke sembilan brsaudara yg umurnya hanya brkisar antara 2 dan 3 tahunan itu brkumpul untk makan malam dn sang orang tua membagikan nasi yg tlah di atur bgianya , namun ketika itu ternyata nasi pun tak cukup dan sang orang tua melewati " si utung " sebutan untk dia karna buntung atau tnpa kaki dan memberikan jatahnya pd si bungsu kecil .
Air matanya menetes mendapatkan perlakuan itu hngga sang kakak pun merasa iba dan memberikan jatahnya pd si utung . Dan dia pun memakan ubi yg ada .
Tahun berganti dan si utung tumbuh besar dan bersekolah .
Walaupun jarak sekolah bgtu jauh dng fisik seperti itu namun dia semangat dan punyai otak yg cerdas hari2nya menimba ilmu pun hanya berteman tongkt kayu di tangannya yg menggantikan kakinya .
Sekolah dasar pun lulus sudah dng prestasi menakjubkan dr kelas 1 hngga lulus kelas 6 rangking pertama pun tak lepas di tangan .
Seorang kepala sekolah pun merasa bngga pdnya dan berniat menyekolahkan dia
Bpk. Benyamin ( Alm ) dan ( pendiri pertama MTS / ALIYAH DARUL ULUM MAJALENGKA ) Di boyongnya si utung ke kota majalengka dan mulai menimba ilmu di sana namun walaupun beliau berkata tak usah kerja namun dia tak mau terlalu merepotkan beliau . Dan dia pun sebisa dan semampu dia bekerja di rmhnya ( belakang darul ulum ) .
MTS pun selesai sdh dng hasil memuaskan walau di peringkat ke 2 dan mulai melanjut ke ALIYAH namun sayang Sang Dermawan pun sakit keras bertahun2 sbgian tubuhnya di dera kencing manis .
Selama itu pula si utung mengurusnya dng telaten hngga waktu pun melepaskan derita beliau dan Allah menjemputnya .
Maka pulanglah sang penimba ilmu itu yg punyai semangat tinggi dan cita2 yg luhur .
Namun meninggalnya sang pahlawan hdupnya bkan akhr sgalanya . Dng berbekal izasah yg ada dia melamar kerja di sbuah apotik di kadipaten , majalengka ( Apotik Sadewa ) itulah asal mula jalan yg d tmpati toko2 emas di pasar kadipaten di sbut dng jln. Sadewa adalah apotik sadewa apotik terbesar yg d punyai seorang cina di daerah itu . Tahun berganti dan wktu trus brjalan dan si utung pun tumbuh menjadi seorang pemuda yg lumayan tampan , cerdas , mudah bergaul dan di senangi teman2nya walau dng ketidak smpurnaan fisiknya .
Singkat cerita dia pun betemu jodohnya di bandung adalah ANDARWATI ( ALM ) orang tasikmalaya yg mau menerima dia apa adanya .
Menikahlah mereka dan dikaruniai seorang anak perempuan pd tanggal 28 Maret 1988 dan di beri nama LIA HERMAWATI CHANDRA ( aku ) .
Namun allah brkata lain sang ibu meninggalkan si bayi dlm usia belum genap 9 bulan dan dia d makamkan di kota kelahiranya .
Dng pesan sang istri " jng dulu menikah lg sblum anak kita besar " dia pun memegang janji hngga anak perempuan satu2nya umur 8 tahun brulah dia menikah lg .
Waktu pun terus berjalan si utung pun aktif di masyarakat di desanya dng sgala ke aktifanya masyarakat pun mendorong dia untk memimpin desa dan di angkatlah beliau menjadi seorang lurah desa hingga sekarang kurang lbh 15 tahun menjabat dng kebijaksanaan dlm memimpin pun kecamatan menetapkan beliau menjadi salah satu yg dapat pengangkatan pegawai negri di tahun 2012 dpan .
Harta , kekurangan fisik dan masa bukanlah pemupus semangat untknya .

Ayahku terhormat !
Bpk . Castra
Aku bangga berayahkan beliau dng semangat dan kearifanya aku yakin segala rintangan akan kalah dng ketekunan dan tekad yg kuat .
Alhamdulilahirobilalamin
Ya Allah . allahumagfirli waliwalidaia warhamhuma kama robbayani shogiro .
Jaga kesehatanya . Dktkan rizkinya dan jauhi mara bahaya drnya . Amin

Bapa hapunten lia rumaos teu cn tiasa mulang tarima kana sadaya kanyaah bapa salami ieu . Hapunten anu saageung2na .

Note : Aku tak malu dng segala keterbtasan beliau kan ku teriakan pd dunia
" DIA AYAHKU TERCINTA "
Aku bangga , aku bangga , aku bangga !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar